Acara KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Inovatif! Kecamatan Klojen Gelar Lomba Konten Video Promo Untuk UMKM

Indiekraf.com – Konten video sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pelaku usaha di era sekarang, baik pengusaha besar maupun kecil. Semangat ini lah yang ingin dibawa Kecamatan Klojen dalam event , ‘Lomba Konten Video Promo UMKM’ , yang pengumuman pemenangnya dihelat di Kantor Kecamatan pada 16 November 2022.

Camat Klojen Heri Sunarko menyampaikan bahwa saat ini video memang sudah menjadi salah satu alat pemasaran yang menarik dan banyak diminati pasar. Sehingga bagi para pelaku UMKM, jika tidak ingin tertinggal juga harus bisa membuat video promo produk.

“Lomba ini kami gelar sebagai bentuk motivasi kepada pelaku UMKM. Sebelum lomba kami juga sudah menggelar sosialisasi dan workshop, sehingga memang para peserta dari berbagai kelurahan di wilayah Klojen ini sudah mendapatkan pembekalan terlebih dahulu. Saya sendiri merasa puas dan takjub dengan hasil lomba, karena seluruh peserta sudah bisa mengaplikasikan ilmu pembuatan video yang didapat. Saya kira mereka sudah siap untuk berpromosi,”

Camat Klojen Heri Sunarko
Camat Klojen Heri Sunarko

Simak Juga:

Hadir sebagai pemateri serta salah satu juri lomba adalah Chief of Content Indiekraf.com, Hino Kertapati. Dalam penjuriannya, Hino merasa bahwa para peserta sudah mampu mengaplikasikan ilmu pembuatan video. Sehingga memang diakui agak sulit untuk mendapatkan pemenang.

“Saya kira semua peserta sudah bisa menerapkan apa yang menjadi standar dasar dari sebuah konten promo. Sehingga memang sulit menentukan pemenanganya. Namun diantara yang terbaik pasti ada yang terbaik. Semoga ke depan, semua pelaku UMKM bisa memanfaatkan konten video sebagai sarana promosi yang mudah, murah dan efektif,” tutur Hino.

Menariknya, sebagai juara dari 14 pelaku UMKM yang mengikuti ajang ini, dari juara tiga hingga satu, semuanya disabet oleh Kelurahan Oro – Oro Dowo. Melalui video promo keripik keju, kria rajutan dan anyaman rotan sintetis.

Sebagai juara pertama Ribut Karyono, selaku pemilik usaha Omah Anyaman, mengaku tidak menyangka video nya bisa menjadi juara pertama. Hasil ini menurut pria yang sudah empat tahun lebih menggeluti usaha anyaman tersebut, akan menjadi motivasi bagi dirinya untuk bisa terus belajar pemasaran di media sosial yang kini menjadi tuntutan zaman.

“Hasil ini jadi motivasi buat saya, untuk terus belajar dan berkarya dalam melakukan pemasaran secara online yang saya kira hari ini sudah tidak bisa lagi kita hindari dan menjadi solusi yang tepat dalam memasarkan produk kita secara luas,” ujar Ribut.

Lomba konten video promo Kecamatan Klojen ini merupakan rangkaian dari workshop digital marketing dan promo konten yang sudah digelar sebelumnya pada Bulan September 2022 lalu.

Related Articles