Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar Kreatif

Kampus UMKM Shopee Ekspor Siap Bantu Tingkatkan Kualitas Pelaku Usaha

Indiekraf.com – Kampus UMKM Shopee Ekspor dapat menjadi salah satu solusi untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia untuk go internasional. Dengan adanya kampus tersebut, para UMKM akan mendapatkan banyak keuntungan. Apa saja kira-kira ya?

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Kampus UMKM Shopee Ekspor telah beroperasi di Surakarta dan diresmikan langsung oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming.

Baca juga Pelaku UMKM Jangan Bingung, Tiktok Akan Bantu Lebih “Go Digital” Dengan Cara Ini

“Kami menyambut baik pembukaan Kampus UMKM Surakarta Ekspor yang diinisiasi Shopee sebagai langkah lanjutan untuk merangkul lebih banyak lagi pelaku bisnis asal Surakarta untuk bisa unjuk gigi ke pasar global ke depannya. Saya berharap dengan akses pembelajaran dan pendampingan yang semakin mudah, semakin banyak UMKM Surakarta yang tergerak untuk meningkatkan kualitasnya, dan menunjukkan mutu barang asli Surakarta yang berdaya saing,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja menyatakan bahwa dengan diresmikannya kampus tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mempersiapkan UMKM go internasional.

Baca juga Gojek Permudah UMKM Jualan Online Melalui GoStore

“Dengan mengedepankan lima fokus utama kami untuk mempersiapkan UMKM go global, yakni edukasi yang berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran dan logistik, serta ekspor, kami harap pengembangan kapasitas dan kualitas produksi pelaku UMKM Surakarta bisa menjadi lebih terarah,” jelasnya.

Terdapat tiga fasilitas utama yang akan diberikan pihak Shopee untuk mendukung perkembangan UMKM. Pertama adalah pelatihan edukasi secara langsung. Dalam hal ini, pihak Shopee telah mempersiapkan 9 modul kurikulum yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para penjual.

Kedua adalah pendampingan bisnis. Dalam hal ini, mereka akan menghadirkan Trainer Shopee dan tim customer service yang akan mengakomodir masukan, pertanyaan, serta memberi pendampingan kepada para pelaku UMKM. “Trainer Shopee diperuntukkan menjadi perpanjangan tangan Shopee bagi para pelaku UMKM terdaftar melalui program edukasi serta memberikan saran bagi para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan performa bisnisnya,” jelas Handhika.

Ketiga adalah adanya fasilitas pendukung seperti bantuan pembuatan toko, ruangan training, tempat simulasi sistem gudang, ruang meeting, studio foto, hingga live streaming room yang telah dilengkapi dengan backdrop, lighting, tripod serta mikrofon. Dengan begitu, UMKM bisa memanfaatkan fasilitas ini agar bisa meningkatkan performa bisnis mereka.

Referensi

[1] Shopee dan Gibran Resmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo

Related Articles