Industri KreatifInsightKabar KreatifKuliner

Kecap Ini Terbuat Dari Bahan Cokelat, Gimana Ya Rasanya?

Indiekraf.com – Kecap manis adalah salah satu pelengkap makanan dengan rasa manis gurih yang sedap. Tapi ada sesuatu yang berbeda dengan kecap di Jepang. Kini hadir kecap yang berbahan dasar bukan kedelai hitam, melainkan berbahan dasar coklat! Seperti apa rasanya, ya?

Kecap Coklat Dibuat oleh Perusahaan Bir

Dilansir dari Japan Today, telah hadir sebuah inovasi di bidang kuliner yang hadir dari Yuasa Soy Sauce. Yuasa Soy Sauce sendiri merupakan tempat pembuatan bir Marushin Honke yang didirikan di tahun 1981. Perusahaan ini juga terkenal sebagai tempat pembuatan kecap di Jepang. Kecap coklat yang mereka buat diberi nama ‘Cocoa Jang’.

Kecap Cacao Jang terbuat dari bahan dasar cokelat (Foto via japantoday.com)
Kecap Cacao Jang terbuat dari bahan dasar cokelat (Foto via japantoday.com)

Bekerjasama dengan Perusahaan Lainnya

Sudah terkenal sebagai perusahaan pembuat Kecap, Yuasa Soy Sauce membuat gebrakan baru yang tidak biasa. Mereka kini menggarap produksi kecap dengan rasa coklat. Perusahaan ini bekerjasama dengan Tomoée Saveur serta perusahaan coklat asal Prancis yaitu Erithaj. Pengemabanga produk ini pun ternyata sudah melewati proses trial and error  selama empat tahun belakangan.

Sebagai background, Tomoée Saveur adalah perusahaan yang dipimpin oleh Kanako Satsutani. Ia merupakan seorang sommelier coklat dimana dirinya juga pernah menjadi seorang juri. Kanako Satsutani menjadi seorang juri di ajang International Chocolate Award sejak tahun 2014 silam.

Pembuatan ‘Cacao Jang’

Seperti namanya, kecap ini memang terbuat dari bahan dasar cacao. Cara pembuatan dari kecap ini dimulai dengan perendaman biji cacao panggang dalam Kecap Yuasa Kuyō Murasaki. Kecap ini merupakan saus tamari yang ditemukan dalam proses fermentasi Kinsajo Miso. Dalam proses pembuatannya, kecap tersebut mengeluarkan aroma khas coklat yang gentle dan juga aroma gurih khas kecap.

Cacao Jang kini dihadirkan dalam dua jenis varian yaitu selai yang bertekstur dan halus. Dengan keunikan yang diusung, kecap ini kerap disajikan bersama dengan hidangan lauk seperti ayam, ikan hingga bebek. Cacao Jang juga digadang cocok untuk menambah rasa gurih dan intensitas pada hidangan dengan bumbu kari.

Tertarik ingin mencoba? Coklat ini tergolong sedikit mahal karena dengan ukuran 140 gram saja kamu harus merogoh kocek 1.620 yen. Angka tersebut setara dengan Rp220 ribu. Selamat mencoba!

Referensi

[1] Yuasa Soy Sauce develops world’s first chocolate soy sauce

Baca juga

Related Articles