Acara KreatifDesain Komunikasi VisualIndustri KreatifKabar KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

Kultural.id x Kemenparekraf: Melestarikan Cerita Rakyat Melalui Pameran Virtual

Indiekraf.com – Pameran virtual saat ini telah menjadi salah satu pilihan hiburan dan edukasi yang banyak diminati masyarakat di era pandemi. Meskipun memiliki banyak kekurangan, namun para pembuat event telah berupaya untuk menghadirkan suasasa seperti pameran offline sebenarnya. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada Kultural.id bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencoba untuk melestarikan budaya Indonesia melalui pameran virtual.

Pameran virtual yang bertajuk Kultural ID Virtual Exhibition tersebut akan berlangsung pada tanggal 20 hingga 28 Oktober 2020. Pameran ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menggali dan melestarikan dongeng serta cerita rakyat tradisional Indonesia. Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti mengatakan bahwa pameran ini juga merupakan bentuk upaya dalam mendorong penciptaan dongeng-dongeng baru dengan penyampai pesan yang menarik.

Baca juga Kemenparekraf Ajak UMKM Untuk Segera “Go Online”, Seberapa Efektif?

“Kemenparekraf bersama Kultural.id ikut mengambil peran dalam memajukan seni dan budaya melalui program-program yang melibatkan seniman, pekerja seni dan budaya, serta masyarakat yang lebih luas, yaitu dengan menyelenggarakan acara ini,” ujarnya.

Yuana menambahkan jika pemerintah melalui Kemenparekraf akan terus mendukung para seniman untuk bisa memanfaatkan platform digital dalam berkarya. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, karya mereka akan mudah untuk diakses oleh masyarakat di seluruh Indonesia, bahkan internasional.

Baca juga Mahasiswa Malang Sukses Bikin Design Masker Tema Nusantara, Hasilnya Keren Banget!

“Pemerintah mendukung seniman untuk  bersiasat memanfaatkan keterbatasan dalam mencari kesempatan dan peluang. Berimajinasi dan berekspresi dalam medium dan estetika yang baru dengan nilai budaya di dalamnya akan meningkatkan nilai jual dari pelaku ekonomi kreatif dan karyanya saat ini, karena masyarakat penikmat seni juga mulai beralih ke digital,” ujar Yuana.

Hal ini juga disampaikan oleh Seniman dan Sutradara Pertunjukan, Rama Soeprapto yang mengatakan bahwa Kemenparekraf telah mendukung penuh para seniman untuk menciptakan karya-karya baru dan juga untuk membantu terciptanya lapangan kerja baru dalam bidang industri kreatif. Kultural ID Virtual Exhibition melibatkan ilustrator-ilustrator tanah air seperti Mohammad Taufiq (Emte), Djayanti Aprilia, Age ’tutu’ Airlangga, Gandhi Setyawan, dan masih banyak lagi. Pameran virtual ini dihelat sebagai kelanjutan dari program Digital Folklore Festival yang digagas oleh seniman dan sutradara pertunjukan, Rama Soeprapto.

Referensi

[1] Kemenparekraf Gandeng Kultura ID Gelar Pameran Virtual Ilustrasi Dongeng Lestarikan Cerita Rakyat

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button