Acara KreatifIndustri KreatifKuliner

Mahasiswa Unibraw Kreasikan Kopi Tubruk Nusantara Dalam Kemasan Celup

Indiekraf.com-Kopi tubruk bagi masyarakat indonesia merupakan minuman terfavorit, hanya saja, tidak semua penikmat kopi menyukai ampas kopi yang tercampur di dalamnya. kondisi inilah yang ditangkap sekelompok mahasiswa fakultas teknik universitas brawijaya malang, dengan menciptakan kopi tubruk nusantara dalam kemasan celup.

Kreasi kopi tubruk celup nusantara in, ditemukan 4 orang mahasiswa jurusan teknik industri fakultas teknik universitas brawijaya malang, secara tidak sengaja saat menunggu antrian panjang saat menyalurkan hobi meminum kopi di kafe dan warung pinggir jalan.

kopi tubruk celup karya mahasiswa brawijaya
Baca juga :

Keempat mahasiswa itu adalah apta hadyan sulistiyo, eko ludvy zedniawan, yovi sephira damayanti, serta amalia ridha rahmah.

Dalam bahasa sederhana, teknik grinder pocket coffe ini merupakan pengembangan dari kopi bubuk yang biasa di seduh langsung bersama air panas oleh mayoritas penikmat kopi di tanah air.

Kopi bubuk yang mereka produksi dari beragam jenis kopi nusantara ini ,dikemas dalam sebuah kantong pelindung atau penyaring layaknya teh celup. saat ini biji kopi yang menjadi bahan kopi tubruk celup nusantara ini adalah kopi dampit, aceh gayo, toraja serta merbabu.

“Saat ini biji kopi yang digunakan berasal dari dampit, untuk kedepannya rencananya tim akan mengembangkan produk kopi yang berada di luar kota misalnya aceh gayo, toraja, merbabu, dan lain-lain,”ungkap Apta.

Dalam prakteknya, kopi tubruk karya mahasiswa ini terbebas dari ampas  yang selama ini bercampur dalam minuman kopi tubruk tradisional. teknik ini tidak hanya menawarkan cara penyajian nan praktis tetapi juga memberikan peluang munculnya vaiasi cita rasa kopi nusantara, hasil petani lokal indonesia.

Tanpa mengurangi sensasi dan citarasa asli kopi, teknik penyeduhan celup ini pun ternyata juga memberikan efek penurunan kadar kafein. pasalnya ampas kopi yang sudah diseduh dalam air panas, tidak terus terendam dalam minuman. kantung kopi hanya direndam, hingga kondisi tertentu atau mencapai kadar ketentalan maksimal.

Baca juga :

“Selain itu, manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari meminum kopi tanpa ampas yaitu mampu mengurangi kandungan kafein yang mampu menimbulkan gejala penyakit jantung,” imbuh apta.

Melalui kreasi terbaru meminum kopi tubruk ini, diharapkan memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat dalam menikmati secangkir kopi, serta memberikan peluang usaha baru bagi masyarakat.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button