Digital KreatifIndustri KreatifPeriklananTips Kreatif

Marketing Tools yang Bisa Dimanfaatkan Saat Pandemi

Beberapa bisnis dan perusahaan saat ini sedang menghadapi tantangan yang cukup besar. Tidak sedikit bisnis yang harus memikirkan berbagai cara untuk menghadapi pandemi. Penyebaran wabah virus yang berbahaya menjadikan kita tidak bisa sering berinteraksi seperti sebelumnya. Bahkan tak jarang bisnis yang semula didatangi banyak orang harus beralih menjadi toko online untuk mengurangi adanya penambahan kasus corona. Hal ini menjadikan beberapa pekerja, salah satunya yang bergelut di bidang marketing perlu mengatur siasat pemasaran produknya. Tools yang dapat membantu pemasaran (Marketing Tools) juga perlu banyak digunakan saat ini.

Bisnis kecil maupun besar kerap menggunakan beberapa alat bantu pemasaran yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta mengumpulkan data – data seperti data konsumen. Ada pula alat bantu marketing yang dapat menstimulasi daya beli konsumen hingga menarik konsumen untuk melakukan transaksi pembelian. Tujuan – tujuan ini dapat digunakan untuk mengatur strategi penjualan selanjutnya dan menunjang peningkatan penjualan sesuai dengan target perusahaan. Berikut ini adalah contoh Marketing Tools yang dapat kamu gunakan untuk menunjang aktivitas’ pemasaran :

 

  • Google Analytics

Alat pemasaran ini memiliki fungsi yang lebih condong ke arah riset. Google Analytics dapat kamu gunakan untuk mengetahui secara keseluruhan pengunjung bisnis kamu. Data yang dapat kamu peroleh di dalamnya seperti tipe pengunjung, asal pengunjung sampai dengan konten – konten yang populer di kalangan pengunjung bisnis kamu. Dengan melakukan riset pasar seperti di atas, kamu bisa memaksimalkan cara pemasaran yang cocok untuk mencapai target penjualan.

Baca Juga

iOS 14 Apple Segera Muncul, Sekeren Apa Sih?

Tips dan Trik Foto Produk ala Low Budget

 

  • Media Sosial 

Media sosial dapat menjadi salah satu alat bantu pemasaran yang cocok untuk digunakan di masa pandemi. Karena, saat ini kita tidak bisa melakukan transaksi jual beli seperti biasa secara langsung. Sehingga, para pengunjung bisa jadi beralih ke media sosial untuk melakukan “window shopping”. Maksimalkan konten – konten yang disukai oleh pengunjung, serta selingi dengan konten hiburan yang ringan. Kamu juga perlu memerhatikan konsep branding yang akan bisnismu lakukan agar strategi pemasaran semakin baik.

 

  • Surat Elektronik (e-mail).

Salah satu alat pemasaran yang bisa kamu coba adalah surat elektronik atau biasa kita sebut dengan e-mail. Tak sedikit orang yang “menembak” sasaran pasarnya melalui surat elektronik. Biasanya, e-mail digunakan untuk beberapa pengunjung yang memiliki potensial transaksi lebih tinggi. Di dunia digital marketing pun sudah banyak penerapan e-mail marketing untuk keperluan pemasaran karena metode ini memiliki target pasar yang spesifik.

 

Meskipun usaha kamu saat ini terbilang sedang “diuji”, kamu harus tetap optimis untuk tetap konsisten dalam menjalankannya. Jangan lupa juga untuk menggunakan alat bantu pemasaran di atas untuk bisa membantu kegiatan pemasaran produkmu.

 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button