Digital KreatifKota Kreatif

Mbois! Aplikasi “SIKIPA” Inovasi Karang Taruna Kelurahan Bareng Kota Malang  

Indiekraf.com– Keluh kesah warga RT 04/ RW 07 Kelurahan Bareng Kota Malang terkait layanan data kependudukan dan administrasi akhirnya pelan pelan teratasi. Hal itu terjadi setelah salah seorang warganya bernama Duitarama Ade Wijaya atau akrab disapa Rama menggagas inovasi melalui aplikasi kependudukan bernama “SIKIPA”.

Baca juga :

Menurut Rama, aplikasi ini dibuat untuk membantu pelayanan data kependudukan dan administrasi dari tingkat yang paling rendah yaitu RT. Karena selama ini pengurus RT selalu mendapat keluhan dari warga tentang rumitnya mengurus data kependudukan warga RT 04/ RW 07 kelurahan Bareng.

“Perlu adanya sistem aplikasi yang dapat memudahkan kinerja dalam administrasi kependudukan ini. Untuk itu, muncul ide membuat aplikasi SIKIPA,” ujar Rama

Nama “SIKIPA” sendiri diambil dari bahasa Malangan yang juga bisa disebut “Si-Apik” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Si Bagus”. Sedangkan untuk kepanjangan dari “SIKIPA” adalah Sistem Informasi Kependudukan yang terIntegrasi dan Pelayanan Administrasi.

“Karena kita orang Malang, saya menamakan sistem ini dengan identik bahasa Malangan yang terbalik, agar mudah diingat namun tetap memiliki filosofi makna yang kuat. Saya tidak sendirian dalam membuat aplikasi ini, warga RT.04 mendukung penuh terutama karang taruna RT.04 yang selalu mensupport untuk menjadikan aplikasi ini menjadi lebih baik,” kata Rama.

Sementara pimpinan DPRD Kota Malang Rimzah mengharapkan aplikasi “SIKIPA” dapat bermanfaat untuk layanan data kependudukan dan administrasi persuratan khususnya bagi warga RT.04/RW.07 Kelurahan Bareng, sehingga dapat memberi sumbangsih dalam meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

Baca juga :

“Aplikasi ini bagus dan sangat membantu karena dapat memudahkan administrasi,” kata Rimzah setelah melihat demo aplikasi SIKIPA

Menurutnya, “SIKIPA” bisa menjadi sebuah sistem yang bisa memberikan informasi data kependudukan secara valid, di samping itu dengan adanya layanan persuratan di dalam aplikasi tersebut juga semakin memudahkan warga ketika mengurus surat.

“Saya bangga dengan inovasi yang dibuat oleh warga dan karang taruna dari RT.04/RW.07 Kelurahan Bareng ini, harapannya agar dapat berkelanjutan sehingga memberi kontribusi dalam mendukung kota Malang menjadi smartcity,” ujarnya.

Baca juga : 

Selain itu Rimzah juga mengatakan bahwa dengan aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusi menciptakan gaya hidup masyarakat agar melek digital. Ia optimis SIKIPA akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

“RT.04 RW.7 Kelurahan Bareng akan jadi pilot projectnya. Tidak menutup kemungkinan RT dan RW lain akan bergabung berpartisipasi. Apalagi kalau SIKIPA ini terbukti bermanfaat, saya rasa Pemkot layak mengaplikasikannya di Kota Malang.” Ujar Alumni Hubungan Internasional Univ. Brawijaya ini.

Related Articles