Industri KreatifKuliner

Menikmati Kudapan Entok Pedas Di Jatiguwi Sumberpucung Malang

Indiekraf.com- WIsata alam dan buatan di Malang Jawa Timur sudah banyak dikenal oleh masayarakat luas, tak hanya wisata alam saja namun juga wisata kulinernya juga dikenal. Untuk di wilayah kabupaten Malang, tepatnya di kecamatan Sumberpucung ada satu tempat kuliner dengan hidangan yang cukup istimewa yakni entok pedas.

Di desa Jatiguwi Sumberpucung, warung entok pedas milik pak Sunardi terbilang cukup dikenal oleh siapapun yang melintas dari arah Malang menuju Blitar melalui kecamatan Sumberpucung. Warung entok pedas ini berada di kiri jalan besar.

Meski dikenal hewan yang jorok, ternyata entok atau yang dikenal dalam bahasa jawa dengan nama menthok ini nyatanya bisa diolah menjadi kudapan yang nikmat layaknya hewan unggas lainnya. Daging entok dirasa lebih berserat daripada daging bebek, apalagi disajikan seperti Kare dnegan rasa yang pedas ala jawa timuran.

Baca juga :

Usaha entok pedas milik Sunardi ini telah ditekuni sejak 2008 silam, ia juga merupakan salah satu pelopor entok pedas di wilayah kabupaten Malang. Sunardi menceritakan, jika sebelum menekuni usaha entok pedas ini, ia sempat beralih banyak profesi dari kontraktor hingga menjadi penjual kecambah, namun semuanya gagal hingga ia menemui jalan buntu.

Jalan buntu inilah menjadi cikal bakal Sunardi beralih menjadi pengusaha kuliner. Buntu dalam istilah jawa disebut “ menthok” , kata menthok inilah membuat Sunardi mulai bergerak untuk mencari hewan Menthok atau Entok untuk dijadikan kuliner.

sajian kuliner entok pedas pak nardi

“Sejarahnya dulu banyak cerita ya mas, waktu itu dulu saya bekerja di proyek terus saya beralih berjualan kecambah tapi kemudian bangkrut dan saya akhirnya mentok. Dari kata mentok itu saya punya ide untuk membuat masakan dari binatang menthok”ungkap Sunardi.

Dalam sehari warung yang ia kelola mampu menghabiskan 20 ekor entok. Ada 2 varian entok yang disajikan di warung ini,yaknientok pedas dan entok bakar. Harganya pun dipatok mulai Rp 12 ribu hingga Rp 20 ribu.

entok bakar pedas
Baca juga :

Saat weekend, pengunjung yang datang bisa dari berbagai kota dan mampu menghabiskan entok hingga 50 ekor. Salah seorang pengunjung asal Blitar, Saif mengatakan jika rasa pedas dan empuknya daging entok di warung milik Sunardi ini membuatnya selalu ingin nambah lagi.

“Saya tadi pesen mentok yang pedes dan memang rasa pedasnya bikin nambah  lagi,”kata Saif.

Anda tertarik ingin menikmati kuliner pedas, kudapan entok pedas bisa menjadi salah satu alternatif pilihan.

 

 

Related Articles