Aplikasi Digital dan GameDigital Kreatif

PUBG Mobile Diblokir Kominfo, Fakta atau Hoax?

Indiekraf.com – Bermain game di gawai masing-masing sekarang menjadi bagian dari keseharian yang hampir tak bisa dipisahkan. Tapi, bagaimana ceritanya kalau game yang biasa kita mainkan diblokir oleh Kominfo? Kabarnya yang sedang ramai beredar adalah tentang PUBG Mobile diblokir Kominfo, guys. Beneran atau cuma hoax ya?



PUBG Mobile Diblokir Kominfo, Fakta atau Hoax?

Siapa di tak tahu game seperti PUBG Mobile hingga Mobile Legends? Untuk kamu yang hobi bermain game-game tersebut, kini kamu perlu tahu tentang berita terkini terkait pemblokiran mereka. Kabar yang beredar mengatakan bahwa PUBG Mobile diblokir Kominfo bersama dengan beberapa game lainnya. Seperti apa sih kebenarannya?

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo sendiri mengakui adanya aktivitas pemblokiran untuk siapapun yang tidak terdaftar dalam PSE. PSE sendiri adalah singkatan dari Penyelenggara Sistem Elektronik, guys. Ternyata pemblokiran ini juga berdampak ke beberapa aktivitas dari media sosial sampa layanan streaming.

‘Tidak Mendaftar = Terblokir’ Jadi Aturannya

Dikutip dari USS Feed, Semuel Abrijani Pangerapan sebagai Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo memberikan keterangannya. Ia menjelaskan bahwa aplikasi game termasuk dalam aturan yang kini mereka terapkan. “Game termasuk. Kalau game itu termasuk layanan berbayar namanya. Ya pokoknya siapapun enggak daftar diblokir,” jelas Semuel. 

Untuk pendaftaran dari aplikasi tersebut akan diterapkan sampai tanggal 20 Juli 2022 mendatang. Sebagai salah satu cabang dari olahraga e-sport, pihaknya mengatakan akan ada kemudahan bagi aplikasi game ini untuk mendaftar. Maka PUBG Mobile diblokir Kominfo ini akan segera dihapuskan jika mereka telah mendaftar lewat Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA). Pihak Dirjen Aptika juga menegaskan bahwa pendaftaran tersebut merupakan hal yang wajib. Begitu kira-kira penjelasannya, guys!

Baca Juga Spider-Man x PUBG Mobile Jadi Kolaborasi Keren di Akhir 2021

Tim PUBG Indonesia di SEA Games 2021 Dapat Medali Emas!

PUBG Mobile Berhasil Jadi Mobile Game Terpopuler 2020

Mario Suryo Aji, Sang Pembalap Moto3 GP yang Berhasil ke Jepang

Lagu C.H.R.I.S.Y.E yang Viral di TikTok Ini Punya Makna Unik

Related Articles