Film Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Terus Alami Kerugian, Museum Studio Ghibli Terancam Bangkrut

Indiekraf.com – Pandemi covid-19 yang belum selesai hingga sekarang membuat banyak tempat wisata mengalami kerugian besar. Kali ini, Museum Studio Ghibli terkena imbas yang cukup berat. Museum yang terletak di Mitaka, Tokyo tersebut kini terancam bangkrut karena terus mengalami kerugian.

Sebagai upaya untuk menghindari kerugian yang lebih besar, pihak manajemen Museum Studio Ghibli memulai untuk mencari bantuan dengan cara membuka kampanye galang dana furusato nozei. Hal tersebut disampaikan langsung melalui akun Twitter mereka.

Baca juga Studio Ghibli Sediakan 400 Gambar Gratis Dari Film Terbaiknya

“Kami telah memulai kampanye furusato nozei meminta dana untuk mendukung operasional Museum Studio Ghibli di Mitaka. Kami dengan rendah hati meminta dukungan Anda,” tulis mereka.

Pada halaman kampanye galang dana furusato nozei, mereka juga menyampaikan bahwa rencana penggalangan dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan dan pemeliharaan Museum Studio Ghibli dengan skala besar.

Baca juga Menajubkan! Ini Karya Kartun Studio Ghibli Versi CG 3D

“Saat ini, kami beroperasi sangat merah. Pada bulan Maret, kami menerima hibah dari Kota Mitaka untuk mendukung biaya operasional kami, tetapi bahkan dengan itu, kami harus memakan dana yang telah kami rencanakan untuk digunakan untuk perbaikan dan pemeliharaan skala besar. Pandemi virus corona diperkirakan akan berlanjut untuk beberapa waktu, dan jika kami terus memanfaatkan cadangan keuangan kami, kami yakin pengoperasian fasilitas dan pemeliharaan yang direncanakan akan dalam bahaya,” tulis mereka.

Kampanye galang dana furusato nozei tersebut resmi diluncurkan pada hari Kamis (15/06) kemarin. Berbeda dengan kampanye galang dana lainnya, furusato nozei seringkali akan memberikan semacam hadiah kepada para donatur sebagai ucapan terima kasih. Akan tetapi, dikutip dari soranews24.com, pihak manajemen Museum Studio Ghibli mengatakan hanya akan memberikan kartu ucapan terima kasih.

Target dari galang dana yang dibuat sebesar 10 juta yen atau sekitar 1,3 miliar rupiah. Dengan penggemar yang datang dari seluruh dunia, kampanye tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar 12 juta yen hanya dalam waktu kurang dari 24 jam sejak kampanye tersebut diluncurkan.

Dengan total sebanyak 1.478 orang yang melakukan donasi, hingga saat ini, Museum Studio Ghibli telah mendapatkan donasi sebesar 12.106.031 yen atau sekitar 1.605.885.223 rupiah.

Kampanye tersebut masih akan dibuka hingga tanggal 31 Januari mendatang. Sehingga kamu yang merupakan fans dari Studio Ghibli masih bisa berpartisipasi untuk bergabung dengan kampanye tersebut.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Ghibli Museum asking for donations to help pay for operating costs and repairs

Related Articles