Acara KreatifDesain Komunikasi VisualFilm Animasi dan VideoIndustri Kreatif

Tingkatkan Potensi Siswa Dalam Videografi, SMKN 5 Gandeng Indiekraf

Indiekraf.com – Siswa  – siswi jurusan Multi Media (MM) SMKN 5 Malang tingkatkan kompetensi dengan belajar langsung produksi videografi di Kopi Langit 7 Malang bersama Manager Konten Indiekraf Hino Kertapati, Kamis (01/09/2022).

Dengan diikuti sekitar 35 siswa kelas tiga jurusan MM, pembelajaran dan peningkatan kapasitas produksi audio visual ini mengambil tema produksi video promo bagi UMKM. Dalam hal ini para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dan selanjutnya melakukan proses produksi video, mulai dari pra, seperti riset,pembuatan storyline, hingga proses pengambilan gambar.

Menurut Kaprogli Desain Komunikasi Visual SMKN 5 Malang Heri Catur P,S.Pd,Msn, program ini baru pertama dilakukan, yaitu pembelajaran berbasis projek. Dimana Siswa dan Siswi akan langsung dihadapkan dengan projek bersama tenaga ahli dari industri.

SIMAK JUGA:

Produksi video dipilih, karena menurut Heri Catur, audio visual memang sesuai dengan kompetensi siswa, selain juga iklan berbasis video memang sedang digemari masyarakat dan mendapat atensi tinggi, sehingga cocok untuk meningkatkan penjualan dari UMKM.

“Harapan dari program ini siswa – siswi akan terjun langsung dengan project based dari industri. Seperti halnya memproduksi iklan video promosi yang bisa langsung diaplikasikan kepada UMKM di Malang,” beber Heri Catur.

Sedangkan Hino Kertapati sebagai narasumber juga menyambut baik program dari jurusan MM (desain komunikasi visual) SMKN 5 tersebut. Menurutnya, dengan lebih sering terjun ke industri, maka para siswa yang akan segera lulus bisa langsung merespon kebutuhan industri kreatif yang ada di Kota Malang pada khususnya.

“Program seperti ini memang harus lebih sering dilakukan. Sehingga siswa akan lebih sering berinteraksi dengan dunia industri. Apalagi seperti kita tahu, industri dan ekonomi kreatif memang sangat dinamis, dan sangat up to date dari hari ke hari. Penting sekali bagi mereka untuk bisa tahu hal tersebut, sebagai bekal sebelum terjun langsung ke industri,” papar Arek Malang tersebut.

Sebagai output nya, para siswa diharuskan memproduksi video hingga proses editing, yang nantinya akan langsung diaplikasikan, sebagai bagian dari promosi dari Kopi Langit Tuju.

Related Articles