Kota Kreatif

Bandung Kota Angklung: Kuat Akan Tanah Sunda

Indiekraf.com – Dewasa ini, penting rasanya bagi kita sebagai warga Indonesia untuk mengenal budaya Tanah Air. Tak hanya sebagai sarana pembelajaran dan menambah wawasan, banyak pengetahuan yang bisa kita dapat setelah mengenal budaya Indonesia. Saat ini, salah satu warisan budaya asal Tanah Air yaitu alat musik angklung membawa berita hangat. Kota Bandung barus aja mendeklarasikan diri sebagai ‘Bandung Kota Angklung’.

Bandung Kota Angklung: Kuat Akan Tanah Sunda

Jika mendengar kata ‘angklung’ pastinya sudah tak asing untuk kita mengasosiasikannya dengan ‘musik sunda’. Alat musik khas Tanah Air ini sedang hangat diperbincangkan lantaran salah satu kota kini menjadi ‘bagian’ darinya. Kota Bandung kini telah resmi menjadi ‘Bandung Kota Angklung’! Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Dewi Kaniasari sebagai  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung. 

Pendeklarasian momen ini sudah dilangsungkan di Balai Kota Bandung. Momen ini pun memiliki beberapa rangkaian sebelumnya. Pada momen tersebut, hadir setidaknya 300 penggiat alat musik angklung. Dari jumlah peserta tersebut terdapat anak-anak sekolah dasar, SMP, SMA, hingga Kabumi UPI. Tak mau ketinggalan, Saung Angklung Udjo juga turut memeriahkan acara tersebut nih.

Si Bitung Sebagai Maskot Baru

Rasanya tak lengkap jika melambangkan suatu kota tanpa ada maskot di dalamnya. Kini, Bandung Kota Angklung juga punya maskot baru nih. Dalam gelaran tersebut, ditampilkan juga Si Bitung yang menjadi maskot kota tersebut. Acara yang dilangsungkan pada Sabtu, 21 Mei 2022 itu pun akan disiarkan juga di kanal YouTube Diskominfo Kota Bandung.

Sebagai informasi, alat musik angklung tak sembarangan erat dengan tanah Sunda. Alat musik tersebut sudah dikenal sebagai instrumen untuk merayakan berbagai perayaan. Konon, angklung juga merupakan panggilan kepada Dewi Sri yang merupakan lambang Kesuburan yang memberi berkah pada tanaman. Keren banget, kan?

Baca Juga Kota Bandung Berhasil Menjadi Kota Paling Inovatif di Tahun 2020

Keren! Bandung Resmi Menjadi Bagian Dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO

Film Turning Red Punya Cerita Unik, Kini Jadi Viral di Media Sosial!

Related Articles