Digital KreatifIndustri KreatifTips Kreatif

Business Creation atau Product Development di Masa Pandemi

Pada era seperti sekarang, teknologi menjadi kata yang tidak lagi asing bagi kita. Perkembangan zaman membuat banyak hal dalam lini kehidupan kita menjadi jauh lebih mudah. Namun, saat ini banyak pula tantangan yang kita hadapi dalam proses pengembangan teknologi, contohnya pandemi yang sedang terjadi. Tidak sedikit dampak yang timbul akibat penyebaran virus berbahaya seperti saat ini, yang pada akhirnya membuat kita harus melakukan product development sebagai upaya penanggulangan. Salah satu bidang pekerjaan yang harus menghadapi “tantangan” cukup berat adalah Product Developer.

Product Developer sendiri merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan produk suatu perusahaan atau bahkan menciptakan inovasi berupa produk baru. Maka dari itu, untuk melakukan product development perlu adanya analisa tren pasar.

Adanya product developer diharapkan dapat menciptakan produk yang tepat sesuai kebutuhan dengan hasil kerja yang baik dan memuaskan. Selain memerhatikan tren, pengembangan produk juga perlu melalui tahapan penetapan strategi, penilaian peluang serta adanya kerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan.

Di masa seperti sekarang, Product Developer perlu bekerja lebih keras. Hal itu disebabkan oleh adanya larangan yang terjadi akibat pandemi. Seperti yang kita tahu, dengan adanya wabah berbahaya menyebabkan keterbatasan orang – orang dalam berinteraksi satu sama lain. Lalu, kira – kira apa sajakah yang bisa dilakukan untuk melakukan product development?

 

  • Membuat Inovasi Produk

Dengan adanya pandemi seperti sekarang dapat menekan kita untuk menghasilkan produk yang menjawab keresahan pasar. Untuk sektor bisnis dengan hasil produk berupa barang, dapat dilakukan beberapa opsi. Seperti contohnya di bidang kuliner, jika sebelumnya perusahaan atau pelaku usaha menjual makanan dalam bentuk siap saji, kini dapat diciptakan adanya produk inovasi berupa makanan olahan setengah jadi atau produk frozen. Utamakan juga untuk menghasilkan sebuah produk yang mudah diantar, karena hal itu dapat meningkatkan peluang untuk diperjual belikan di toko online maupun market place.

  • Validasi Ide

Saat kita ingin mengembangkan sebuah ide ada baiknya perlu diimbangi dengan tahap validasi ide. Hal itu mencakup seperti validasi mengenai masalah yang ada, pasar yang akan dituju, solusi yang kita hadirkan serta daya beli dari konsumen. Hal – hal tersebut penting untuk dipertimbangkan untuk menciptakan inovasi yang dapat menjawab permasalahan sehingga mendorong pasar yang ditarget untuk mengonsumsi produk tersebut.

Baca Juga

  • Pilih Branding yang Tepat

Dalam memasarkan suatu produk, entah itu berupa barang maupun jasa, kita perlu memperhatikan cara branding produk yang baik. Membangun dan membesarkan sebuah brand yang tepat sangat dibutuhkan, terutama pada masa – masa seperti sekarang. Jika produk kamu memilki value yang bagus dan cocok untuk digunakan oleh customer di saat pandemi maka kemungkinan brandmu untuk dilirik akan lebih besar.

  • Beralih ke Online

Pada masa sebelum pandemi terjadi, tidak sedikit perusahaan yang telah menerapkan konsep jual – beli secara daring. Dengan adanya pandemi, kita bisa lebih gencar lagi melakukan transaksi secara online. Selain untuk menunjang penggunaan teknologi, proses jual beli dengan cara ini dapat mengurangi kontak antar penjual dan pembeli. Sehingga dengan alasan tersebut, pembeli bisa terdorong secara emosional untuk tetap membeli produk meskipun sedang di rumah saja.

  • Tetap Optimis!

Meskipun sedang menghadapi masa yang sulit, kita harus tetap optimis untuk melakukan pengembangan produk yang berkualitas. Tetap jalankan komunkasi dan kerjasama yang baik dengan pihak – pihak terkait untuk menghasilkan produk akhir yang tepat sasaran. Karena apa yang kita lakukan hari ini bisa menjadi investasi di masa yang akan datang.

Semoga langkah – langkah di atas bisa membantu kamu untuk menjadi Product Developer yang berkualitas di masa pandemi ini!

 

Untuk informasi lainnya, yuk cek Instagram @indiekraf !

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Buka WA
Halo Sobat Kreatif ! Yuk Kolaborasi bareng indiekraf.com