Digital KreatifIndustri KreatifTips Kreatif

Industri Kreatif yang Potensial di Era New Normal

Setelah pandemi masuk ke Indonesia di awal tahun 2020, banyak sektor termasuk bisnis mengalami masa yang sulit. Tidak hanya mengalami “cobaan”, banyak pula usaha potensial yang akhirnya harus gulung tikar karena tak kuat menghadapi wabah COVID-19. Namun banyak pula yang masih gigih memperjuangkan bisnisnya. Seakan tidak bisa terus dalam keadaan terpuruk, beberapa usaha memilih untuk mencari siasat di tengah wabah ini. HIngga saat era kelaziman baru atau new normal seperti sekarang, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk tetap mempertahankan bisnis terutama di bidang industri kreatif.

Adanya wabah seperti sekarang banyak merubah perilaku dan kebiasaan konsumen. Seperti kita ketahui, virus berbahaya ini membuat banyak peraturan seperti physical distancing serta kebiasaan – kebiasaan baru untuk menjaga kebersihan. Sehingga hal tersebut mendorong para konsumen suatu bisnis memiliki perubahan. Termasuk perubahan dari offline ke online. Kira – kira bisnis di bidang industri kreatif seperti apa ya yang potensial untuk dijalankan di era new normal seperti sekarang? Yuk simak berikut ini.

 

  • Sektor Makanan dan Minuman

Di masa seperti sekarang, masyarakat cenderung lebih memperhatikan berbagai aspek dalam urusan konsumsi makanan dan minuman. Hal itu disebabkan juga karena faktor kesehatan dan kebersihan yang saat ini menjadi isu penting. Dengan begitu, pelaku usaha di bidang kuliner dapat menjajal inovasi seperti menciptakan makanan yang bersih sehat. Branding yang kuat akan membantu bisnis semakin dilirik oleh pelanggan. Jangan lupa untuk mencoba penjualan produk di marketplace maupun toko online untuk mengurangi kontak fisik antara penjual dan pelanggan.

 

Baca Juga

 

  • Sektor Pendidikan

Seperti yang kita tahu, sekolah maupun kampus mayoritas saat ini ditutup untuk mencegah adanya kasus yang lebih banyak. Namun, tak sedikit juga yang mengeluhkan tentang kurang matangnya sistem pembelajaran sehingga membuat orangtua dan murid merasa kurang puas dengan ilmu yang didapatkan secara daring. Maka, peluang usaha tercipta untuk sektor pendidikan. Pelaku usaha bisa mencoba untuk membuat usaha kursus online untuk memberikan penjelasan terkait bidang – bidang tertentu.

  • Sektor Kesehatan

Masalah kesehatan saat ini menjadi masalah yang cukup diperhatikan oleh masyarakat. Dengan begitu, pelaku usaha bisa mencoba untuk megembangkan usaha seperti apotek online. Hal itu bisa membantu beberapa orang yang ingin membeli obat tertentu namun tidak bisa keluar rumah karena menerapkan self-quarantine. 

Era kelaziman baru akan segara diterapkan di Indonesia, maka tidak ada salahnya untuk kamu menjajal beberapa peluang bisnis di atas. Selamat mencoba!

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button