Industri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Mantap! Sekarang di Bali Ada Layanan Bus Gratis

Indiekraf.com – Pandemi COVID 19 mau tak mau membuat seluruh sektor bisnis, termasuk sektor pariwisata harus mengalami penurunan. Namun, Bali nampaknya punya siasat untuk meningkatkan kembali semangat para wisatawan untuk berkunjung. Saat ini Pemerintah telah meluncurkan empat koridor bus baru dengan layanan gratis!

Pemerintah menyelenggarakan perihal ini melalui skema buy the service di Provinsi Bali. Rencananya, sebanyak 105 unit bus akan dialokasikan untuk mewujudkan program ini. Layanan ini akan diberlakukan secara gratis untuk sementara waktu. Hal ini disampaikan juga oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi.

Baca Juga Murah dan Hemat! Berikut 5 Tips Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

Budi menjelaskan bahwa per hari ini (7/9), telah beroperasi bus dari koridor 2. “Layanan sekarang satu koridor dulu, koridor 2 Diharapkan dapat operasi penuh baik koridor 1, 3, dan 4 di bulan Oktober 2020,” ucap Budi Setiyadi dalam launching program tersebut. Keempat koridor ini akan menggunakan bus sedang.

Keempat koridor ini terdiri dari Terminal Persiapan – Central Parkir Kuta Badung, GOR Ngurah Rai – Bandara Ngurah Rai, Pantai Matahari Terbit – Dalung, dan Terminal Ubung – Sentral Parkir Monkey Forest. Koridor-koridor ini mendapatkan subsidi operasional dari Kementerian Perhubungan. Budi juga mengatakan, “Di Bali 105 unit layanannya, di antara 5 kota, di Bali paling banyak. Tahun 2020 ini untuk sementara kami gratiskan untuk masyarakat sampai dengan Desember,”. Selanjutnya, di bulan berikutnya akan dilakukan kajian tarif untuk perkiraan availability to pay dari masyarakat.

Baca Juga UMM Angkat Potensi Kopi Malang Selatan dengan Tim Pengabdian

Meskipun mulai tahun 2021 akan diberlakukan tarif untuk layanan ini, namun pihak Kementerian Perhubungan akan memastikan bahwa subsidi tetap akan dikucurkan. “Sekarang 4 koridor, mudah-mudahan bisa menjangkau semua. Kalau mau tambah koridor tahun depan, kita siap pendampingan dan siap bantu,” tambahnya lagi. Budi juga memberikan pernyataan, “Pak Menhub minta beberapa kota besar harus disiapkan transportasi berbasis bus agar masyarakat shifting dari kendaraan pribadi ke umum,”.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button