Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar Kreatif

​Mengenal Google Bisnisku dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Indiekraf.com – Bisnis beralih ke digital, sudah menjadi keharusan, bagi anda yang bisnis nya ingin bisa bersaing di dunia digital dan industri kreatif pada khususnya. Salah satu platform paling mudah dan efektif yang bisa anda pilih adalah Google Bisnisku alias GMB.

Google Bisnisku adalah salah satu tools keluaran Google yang bisa Anda gunakan untuk mengelola tampilan bisnis, agar muncul di halaman pencarian Google dan juga Google Maps. Apakah Anda pernah membuka salah satu bisnis di pencarian Google dan menampilkan segala informasi tentang bisnis tersebut dari mulai alamat, peta, jam buka, website dan lain sebagainya.

Nah tampilan seperti itu bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google Bisnisku atau istilah lain Google My Business. Dengan tool tersebut, Anda bisa mengisi informasi tentang bisnis Anda secara terperinci.

Tujuannya adalah untuk memberitahu calon pelanggan potensial Anda, mengenai informasi bisnis Anda ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari Google. Dan yang ditampilkan tidak hanya informasi berupa alamat, jam buka, maps saja. Anda juga bisa mendapatkan review secara langsung dari pelanggan Anda di Google Bisnisku tersebut.

Review tersebut akan memberikan dampak positif untuk bisnis Anda. Karena nantinya akan menarik perhatian calon pelanggan potensial Anda untuk mengetahui bisnis Anda.

​Manfaat Google Bisnisku

Jika Anda masih ragu menggunakan Google Bisnisku, maka simak beberapa manfaat yang kami temukan dari tool Google Bisnisku tersebut.

​Bisnis Lebih Mudah Ditemukan

Salah satu manfaat terbesar dari Google Bisnisku adalah bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan pelanggan potensial. Karena ketika pelanggan mencari bisnis Anda di Google, di pencariannya nanti akan menampilkan berbagai informasi seperti alamat, jam buka, kontak dan website.

Nah dari informasi tersebut, pelanggan potensial tersebut akan menggunakan Google Maps untuk menunjukkan jalan menuju toko Anda nantinya. Tidak hanya itu saja, manfaat Google Bisnisku bisa meningkatkan SEO.

Ketika pelanggan mencari bisnis Anda di Google, kemungkinan besar bisnis Anda akan muncul di halaman pertama pencarian. Apalagi Google Bisnisku memiliki fitur analytics yang bisa membantu Anda untuk melakukan analisis performa bisnis dan menerapkan strategi berikutnya yang lebih tepat.

​Calon Pelanggan Lebih Mudah Mendapatkan Informasi

Saat ini banyak calon pelanggan melakukan riset online terlebih dahulu sebelum mereka mendatangi toko untuk membeli sesuatu. Nah, tools Google Bisnisku bisa menjadi salah satu solusi untuk memberikan informasi tentang pelanggan agar mereka bisa lebih mudah dan detail mendapatkan informasi tentang bisnis Anda.

Informasi detail, akan membuat pelanggan tidak ragu lagi untuk datang langsung ke tempat bisnis Anda. Misalnya saja, ada seorang pelanggan yang ingin datang ke restoran Anda. Pelanggan tersebut sedang mencari nama restoran Anda di Google dan pelanggan melihat berbagai menu yang ditawarkan, lengkap dengan harganya.

Tidak hanya informasi masakan yang disediakan, hasil pencarian juga memunculkan informasi terkait alamat dan jam bukanya. Nah informasi detail tersebut lebih memudahkan calon pelanggan untuk mengenali bisnis Anda dan segera memutuskan untuk datang ke restoran Anda.

BACA JUGA:

​Kepercayaan Akan Semakin Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, Google Bisnisku memiliki fitur review yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan.

Dengan review tersebut, terutama review positif tentang layanan bisnis Anda yang positif akan lebih mudah meningkatkan kepercayaan calon pelanggan potensial Anda. Ketika mereka melihat review tersebut di Google, maka mereka tidak akan ragu lagi untuk menggunakan layanan atau membeli produk Anda.

Think With Google melakukan penelitian bahwa ada sekitar 88% pelanggan mempercayai review online, hal itu sama dengan merekomendasikan layanan dan produk tersebut kepada orang-orang yang ada di dekatnya.

Sehingga, semakin banyak review positif yang bisa Anda dapatkan. Maka semakin besar kesempatan Anda untuk meraih kepercayaan dan keuntungan yang tinggi nantinya. Tidak heran jika para penggiat bisnis online memasukkan peningkatan review positif sebagai salah satu cara membangun brand awareness di website.

Related Articles