Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

SNF 2022: Pastikan UMKM Go Digital, Jadi Bagian Penting Bangkitnya Ekonomi Indonesia

Indiekraf.com – Kebutuhan akan media sosial saat ini dipastikan bukan saja untuk berselancar dan bersenang – senang. Khususnya bagi bagi UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usaha, media sosial bisa menjadi solusi. 
Hal tersebut terungkap dalam Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2022 di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta, Sabtu (10/12). Dalam gelaran yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD).
Pada SNF 2022, membawa semangat bahwa penggerak perekonomian Indonesia di era transformasi digital ini adalah UMKM. Sehingga dari SNF yang berisikan talkshow dan workshop ini lah, diharapkan bisa terbangun ekosistem digital yang cerdas serta produktif, dan tentunya bertanggung jawab.
Pada event yang diadakan secara hybrid dengan kehadiran 1400 peserta online dan 655 peserta offline,  Dewan Pengarah Siberkreasi Fajar Eri Dianto mengutakan bahwa semua lapisan masyarakat harus bisa mengambil peran dalam literasi dan penembangan teknologi digital, khususnya Relawan TIK kepada para pelaku UMKM.

BACA JUGA:

“Tahapan yang pertama yaitu kegiatan mengenal, memahami, menguasai, dan menggunakan platform digital, disebut tahapan onboarding. Tahapan kedua adalah aktivasi, menggunakan segala platform digital sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tahap ketiga, scale up, buat rencana untuk mempersiapkan langkah-langkah berikutnya dalam menggunakan platform digital. Kemudian tahap terakhir, go international, dimana pelaku UMKM dapat melakukan tahapan UMKM go online dengan menjual produknya hingga ke ranah internasional,” jelas Fajar.
Salah satu konten kreator profesional yang juga hadir sebagai pembicara Edho Zell juga menyampaikan pendapatnya, bahwa media sosial memang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran produk UMKM, salah satunya dengan teori customer journey.
“Customer journey adalah perjalanan seseorang yang belum kenal produk kita sampai akhirnya mereka melakukan transaksi pembelian,” tutur Edho.
Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa terdapat empat tahapan dalam customer journey yaitu memperkenalkan produk ke khalayak, membuat khalayak tertarik terhadap produk, membuat calon pembeli mempertimbangkan untuk membeli produk hingga melakukan transaksi pembelian.
Edho Zell lalu mendorong peserta, yang sebagian besar adalah pelaku UMKM, untuk membuat akun TikTok sebagai media untuk membangun awareness atau tahap pengenalan terhadap produk yang ditawarkan. Selanjutnya, Edho memberi tips mengenai langkah-langkah agar produk memiliki nilai jual yang berbeda dan mengandung unique selling point.
Setelah peserta menentukan unique selling point terhadap produknya, peserta diajarkan mengenai cara untuk mempromosikan produk dengan menggunakan konten viral dengan formula yang diberi oleh Edho Zell, isi dari formula tersebut yaitu mengetahui tren ditambah kegiatan promosi.
Setelah belajar tentang pemanfaatan teknologi digital, para peserta SNF 2022 menikmati hiburan di panggung utama pada malam penutupan SNF 2022 yang dimeriahkan dengan penampilan Ndarboy Genk. Selain itu, di panggung utama juga berlangsung games interaktif berhadiah yang diikuti oleh para peserta kegiatan.
Per Desember 2022, Kemenkominfo telah berhasil melakukan literasi digital kepada lebih dari 5.500.000 penduduk Indonesia di segmen kelompok masyarakat, komunitas, pendidikan, dan pemerintahan. Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id atau media sosial Instagram @literasidigitalkominfo dan @siberkreasi.

Related Articles