Digital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifPelaku Kreatif

Wahyu Aditnya Animator Bhumi Arema, Jadi Inspirasi Nusantara

Indiekraf.com – DNA Malang sebagai salah satu kota penghasil animator memang bukan hanya hype baru – baru saja. Adalah seorang Wahyu Aditya (Wadit) @maswaditya yang sudah sejak awal 2000an mulai menancapkan identitas Malang sebagai kota animasi di Indonesia.

Pria kelahiran Malang 1980 ini mengawali kiprahnya di dunia animasi sejak lama. Mulai SMA Wadit sudah rajin mengkuti berbagai perlombaan menggamar dan desain, dengan hasil yang memuaskan.

Selanjutnya setelah SMA, pria yang juga YouTuber ini melanjutkan sekolah ke Australia, dengan mengambil jurusan Interactive Multimedia. Bahkan tercatat Wadit menjadi salah satu lulusan terbaik dari angkatannya. Setelah menamatkan pendidikan tinggi, Wadit pun kembali ke Tanah Air, dan memutuskan animasi sebagai sektornya.

BACA JUGA:

Salah satu karya Wadit yang banyak mendapatkan perhatian dan mengangkat namanya, adalah Dapupu Project. Film animasi dengan durasi 120 detik tersebut meraih juara dalam pekan komik dan animasi yang diadakan oleh pemerintah Indonesia, ketika dia masih di Australia.

Tidak puas hanya menjadi animator, pada 2004 Wadit mendirikan sekolah animasi bernama Hello Motion Academy pada 2004. Dengan tujuan ingin melahirkan banyak animator Indonesia yang berkelas internasional.
Selain sekolah Wadit juga memiliki berbagai perusahaan di bidang animasi, seperti PT HelloMotion Korpora, serta Dapupu Production.

Salah satu karya besar Wadit yang sampai sekarang dianggap menjadi tetenger animasi Indonesia, adalah Hello Motion Art Festival, yang diadakan setiap tahun. Mampu menarik perhatian banyak artis animasi dan anak muda. Festival ini juga selalu mampu menjadi media penghubung antara industri dengan para artis.

Related Articles