Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifPenerbitanPeriklananTips Kreatif

YouTube Sebagai Media Marketing, Kenapa Tidak?

Sebagai pebisnis, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Dengan maksud dan tujuan agar peminat produk yang ditawarkan meningkat, pebisnis perlu membuat strategi pemasaran yang baik. Namun, strategi marketing  juga memerlukan eksperimen atau percobaan untuk melihat keberhasilannya. Salah satu cara memasarkan produk maupun jasa bisa melalui media sosial. Social media kini pun memiliki banyak jenis seperti Twitter, Instagram, YouTube dan lainnya. Semakin banyak pilihan media sosial yang ada, pebisnis harus cermat untuk memilih media mana yang sekiranya cocok untuk memasarkan bisnisnya.

Saat ini kita sudah tidak asing lagi dengan yang platform bernama YouTube. Sebuah platform untuk berbagi video ini sekarang sudah banyak diakses oleh semua kalangan bahkan dari anak- anak hingga orang dewasa. Namun ternyata tidak banyak orang yang mengetahui bahwa YouTube bisa kita gunakan untuk memasarkan produk. Bagaimana caranya? 

 

1. Buat Video Menarik

Untuk memasarkan produk, kamu tidak perlu membuat video yang mengandung konten seperti “iklan” di televisi. Karena ternyata hal tersebut bisa membuat YouTube menandai video kamu sebagai video yang inappropriate. Untuk menghindari hal tersebut, buat saja video bermanfaat lainnya seperti video tips dan trik, behind the scene dari bisnis kamu dan lain – lain. Jika kamu memiliki bisnis di bidang kuliner, maka kamu bisa memberikan video tips dan resep memasak, referensi menu kuliner di suatu lokasi, atau cuplikan kecil mengenai perjalanan bisnismu. Video – video seperti di atas bisa menarik minat pelanggan. Selain itu kamu bisa menambah nilai brand awareness untuk bisnismu. 

 

Baca Juga

2. Gunakan Tag atau Kata Kunci yang Relevan

Setiap pebisnis yang mencoba marketing dengan media sosial pasti harus memperhatikan hal seperti judul hingga kata kunci pada postnya. Hal seperti itu pun berlaku juga di media sosial YouTube. Kata kunci yang tepat bertujuan agar nantinya para pelanggan bisa menemukan video kamu dengan lebih mudah.

 

3. Sertakan Alamat Situs Lain dari Bisnisnmu

Untuk memasarkan produk maupun jasa dari bisnisnmu, ada baik kamu mencoba beberapa platform untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran. Jika kamu mengunggah video di YouTube, jangan lupa untuk mencantumkan alamat situs bisnismu di platform lain. Hal itu tentunya akan berimbas baik terhadap traffic media sosialmu. Selain itu, kamu juga bisa menambah jangkauan bisnismu dengan memperkenalkan media sosial lain di akun YouTube. 

 

Bagaimana? Sudah siap untuk mencoba platform sebagai media promosi bisnismu? Selamat mencoba!

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button