Acara KreatifDesain Komunikasi VisualFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifMusikSeni PertunjukanSeni Rupa

ARTJOG 2020 Berikan Suasana Baru Dalam Menikmati Karya Seni Saat Pandemi

Indiekraf.com – ARTJOG yang berlangsung pada tanggal 8 Agustus hingga 10 Oktober nanti telah memberikan cara baru dalam menikmati sebuah karya seni. Adanya pandemi membuat festival seni kontemporer tahunan ini harus diselenggarakan secara online melalui www.artjog.co.id. Meski dilakukan secara online, hal ini tidak mengurangi semangat masyarakat di seluruh Indonesia untuk ikut meramaikan festival tersebut.

Tema yang diangkat oleh ARTJOG pada tahun ini adalah “Resilience” yang menggambarkan semangat dan merepresentasikan karakter pekerja seni Indonesia yang gigih dan kreatif, meskipun dihadapkan dengan situasi krisis seperti sekarang. Festival ini menghadirkan program pameran seni rupa (Exhibition), dan beberapa program edukasi seperti Curator’s Talk, Meet the Artist, dan Webinar Tata Kelola Seni, dan ART CARE, sebuah program yang dihadirkan sebagai wujud kepedulian seniman dan pegiat seni untuk turut berkontribusi kepada seniman Indonesia dan masyarakat luas yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

Baca juga Pameran ARTJOG Tahun 2020 Tawarkan Suasana Baru

Pada tanggal 7 September lalu, ARTJOG dibuka secara terbatas di Jogja National Museum, tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Setelah membuka kunjungan langsung tersebut, selanjutnya ARTJOG: Resilience telah menghadirkan rangkaian acara baru yaitu Expanded ARTJOG, sebuah film atau karya audiovisual yang bisa dinikmati secara online.

Baca juga Simak! Karya dari 150 Seniman di London Mural Festival 2020

Berkolaborasi dengan praktisi dokumenter, ARTJOG berusaha untuk merekam realita dan menghadirkannya ke publik. Dengan melihat film tersebut, masyarakat bisa melihat dan merasakan langsung suasana ruang pamer, proses display, proses kekaryaan, dan presentasi sebuah karya seni.

“Ada 3 gagasan utama yang ingin kami sampaikan melalui film ini, yaitu: ARTJOG sebagai peristiwa, ARTJOG sebagai ruang dan karya, dan ARTJOG dalam konteks sosial budaya.” ujar sang sutradara, Kurnia Yudha F.

Dengan adanya film ini, panitia berharap masyarakat yang selama ini telah setia mendukung ARTJOG bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dalam menikmati ARTJOG: Resilience. Film ini dapat dinikmati melalui website www.artjog.co.id mulai tanggal 12 September hingga 31 Oktober nanti. Hanya dengan membayar ‘tiket’ sebesar Rp15.000, kamu bisa menonton film berdurasi 61 menit tersebut selama 7 hari sejak pembelian.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] EXPANDED ARTJOG: RESILIENCE
[2] Pulang ke Uttara, 22 Agustus 2020

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button