Opini Kreatif

Pelaku Kreatif Butuh Asuransi Jiwa ? Yuk Simak Penjelasannya !

Penting Gak Sih Asuransi Jiwa untuk Pelaku Kreatif?

Indiekraf.com – Asuransi jiwa memang patut dipunyai oleh tiap keluarga guna berikan perlindungan dan meminimalkan risiko tak diinginkan. Ada dua jenis produk asuransi jiwa, yaitu asuransi jiwa konvensional yang produknya telah lama dikenal serta asuransi jiwa syariah yang masih belum cukup banyak diketahui produk-produknya. 

Ada banyak produk asuransi jiwa syariah dari perusahaan-perusahaan asuransi yang bisa dipilih, salah satu yang terbaik dan direkomendasikan adalah asuransi jiwa asuransi syariah Pru Cinta. Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai apa itu asuransi jiwa syariah, penting untuk Anda cermat memilih asuransi terbaik agar bisa maksimal dalam pemanfaatannya.

Pengertian Asuransi Jiwa Syariah

Asuransi jiwa syariah merupakan asuransi berdasarkan prinsip saling menolong serta melindungi di antara pesertanya lewat kontribusi ke Dana Tabarru, yaitu kumpulan dana kebajikan dari uang-uang kontribusi peserta asuransi yang menyetujui untuk saling membantu jika terjadi resiko atau masalah di antara mereka. 

Asuransi syariah pun disebut dengan asuransi tafakul.  Asuransi syariah dikelola sesuai kaidah syariah yang mana berdasarkan Alquran dan juga Hadits yang menyatakan jika manusia diperintahkan saling menolong di dalam kebaikan. 

Meski demikian, Anda yang bukan muslim pun dapat menikmati produk ini. Jenis asuransi satu ini, ada sejumlah akad utama di dalam pengelolaannya. 

Asuransi jiwa syariah ini berikan proteksi jiwa baik individu maupun keluarga yang basisnya syariah berdasarkan pada fungsi asuransi syariah itu sendiri. DPS-MUI (Dewan Pengawasan Syariah MUI) akan secara langsung awasi praktik pelaksanaan asuransi syariah. 

Ada banyak pilihan produk asuransi jiwa andalan yang bisa dipilih. Pilihlah yang sesuai kebutuhan dan keinginan. 

Apa Manfaat Mempunyai Asuransi Jiwa Syariah? 

Produk-produk asuransi jiwa syariah memang semakin populer apalagi pada kalangan Muslim. Asuransi yang tidak kenal riba tawarkan berbagai keuntungan yang mungkin saja belum banyak orang mengetahuinya. 

Lalu, apa saja pentingnya asuransi jiwa syariah? Berikut ini berbagai keuntungan bisa untuk didapatkan lewat asuransi jiwa syariah? 

1. Biaya Premi Bulanan yang Lebih Terjangkau

Biaya premi asuransi ini relatif lebih terjangkau daripada produk asuransi jiwa konvensional. Meskipun lebih bersahabat, bukan berarti asuransi jiwa dengan basis syariat Islam ini tak aman. Pasalnya, semua aktivitas keuangan syariah selalu berada di bawah pengawasan serta lebih dahulu dapatkan persetujuan dari DPS. 

2. Bebas Riba dengan Memakai Konsep Risk Sharing

Asuransi syariah yang adopsi syariat Islam pastinya bebas dari riba karena semua dana disetorkan nasabah akan dikelola di dalam rekening tabarru ataupun dana sosial. Jadi, prinsip kerja dilakukan yaitu gotong royong di mana dana sosial dapat dipakai untuk bantu nasabah lainnya yang tengah ditimpa musibah atau masalah dan melakukan asuransi jiwa dimiliki. Sedangkan jika dana asuransi akan digunakan untuk investasi akad mudharabah, maka pihak perusahaan asuransi akan kelola dana investasi itu sesuai perjanjian tertera pada kontrak bagi hasil.

3. Jangka Waktu yang Fleksibel

Keuntungan dari asuransi jiwa syariah yang lain adalah memiliki jangka waktu fleksibel sehingga dapat disesuaikan kebutuhan serta kondisi keuangan. Anda dapat memilih jangka waktu proteksi secara fleksibel antara 10 sampai 15 tahun. Ada juga pengembalian kontribusi pada akhir masa proteksi saat polis jatuh tempo. 

4. Transparansi dalam Pengelolaan Dana

Semua pihak tak boleh ada yang merasa rugi pada asuransi jiwa syariah. Nasabah akan dapatkan penjelasan detail serta terperinci terkait dengan produk asuransi jiwa syariah dari awal pembelian asuransi.  Pengelolaan dana di asuransi jiwa syariah pun memakai konsep bagi hasil jelas dari awal. 

5. Proteksi Jiwa dengan Nominal Santunan yang Besar

Manfaat asuransi jiwa syariah yang lainnya yakni nominal santunan besar. Uang premi dibayarkan nasabah tetap jadi milik nasabah pada produk asuransi jiwa asuransi. Perusahaan hanya bertugas untuk kelola dana itu pada rekening tabarru. Konsep dipakai yaitu wadiah ataupun titipan sehingga dana nantinya akan dikembalikan ke peserta ketika polis jatuh tempo. 

Asuransi jiwa syariah tak mengenal dana hangus dan yang lebih menarik, santunan diberikan jumlahnya besar karena adalah dana gabungan dari nasabah yang lain pada rekening tabarru. 

Nah, itulah tadi asuransi jiwa syariah dan beberapa keuntungan apabila Anda memilikinya. Namun, ingat, Anda perlu untuk cermat memilih asuransi terbaik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Related Articles