Digital KreatifIndustri KreatifPelaku Kreatif

Daftar Gaji Saat Bekerja di Industri Kreatif Digital

Indiekraf.com – Saat akan melamar kerja, melihat nominal gaji adalah hal yang wajar bagi para calon pekerja. Dengan mengetahui kira-kira gaji yang akan didapat, calon pekerja akan bisa merencakan lebih matang apakah Ia akan memilih pekerjaan itu atau tidak.

Di era digital seperti sekarang, industri kreatif digital adalah salah satu sektor pekerjaan dengan gaji yang tinggi di Indonesia maupun di Luar Negeri.

Adapun beberapa bidang pekerjaan yang ada di industri kreatif digital meliputi UX/UI Designer, Web Developer, Data Science, UX Researcher, Digital Marketing, dan Project Manager.

Berikut adalah kurang lebih gambaran rentang gaji dan tugas dari masing-masing bidang pekerjaan yang ada di industri kreatif digital:

UX / UI Designer

Gaji: Rp8.000.000 – Rp15.000.000

Seorang UX / UI designer dituntut untuk bisa bekerja dengan tim dalam mendefinisikan masalah & tujuan dari produk yang dibuat, membuat user flows, prototype produk, merancang desain produk, dan memahami masalah user untuk merancang solusi yang paling cocok untuk setiap masalah yang mereka alami.

Web Developer

Gaji: Rp7.000.000 – Rp25.000.000

Seorang web developer pada suatu perusahaan biasanya memiliki tugas untuk membuat produk atau website dengan beberapa bahasa pemograman, membuat prototype dan rancangan produk, melakukan maintenance atau monitoring pada produk, serta mendokumentasikan proses dan tahap pada saat membangun produk.

Data Scientist

Gaji: Rp6.000.000 – Rp15.000.000

Data scientist secara garis besar memiliki tugas untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk memberikan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan di perusahaan atau informasi untuk pengembangan produk kedepanya.

UX Researcher

Gaji: Rp5.000.000 – Rp10.000.000 (Senior up to Rp35.000.000/bulan)

Garis besar tugas seorang UX Researcher adalah untuk melakukan riset dalam memahami kebutuhan konsumen atau user dengan baik. Hasil riset tersebut selanjutnya akan didiskusikan ke semua departemen.

Product Manager

Gaji: Rp6.000.000 – Rp10.000.000

Product manager bertanggung jawab untuk merancang strategi, mulai dari mengidentifikasi produk potensial, melakukan riset pasar, menentukan spesifikasi produk, menentukan jadwal produksi dan harga, hingga merencakanan bagaimana cara mengembangkan strategi pemasaran.

Digital Marketing

Gaji: Rp5.000.000 – Rp8.000.000

Secara garis besar, seorang digital marketing memiliki tugas untuk merencakanan pemasaran dan branding produk secara digital atau online. Adapun tugas detail dari digital marketing adalah mengoptimalkan search engine optimization (SEO), mengelola social media, dan membuat content marketing (gambar atau video).

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi
[1] Tech in Asia Jobs

Baca juga

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Buka WA
Halo Sobat Kreatif ! Yuk Kolaborasi bareng indiekraf.com