Digital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar Kreatif

Dua Studio Animasi Di Malang Dapat Kunjungan Wakil Gubernur Jatim, Ada Apa?

Indiekraf.com-Kehadiran Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Singhasari yang nantinya bakal dijadikan pusat penggembangan industri kreatif dan digital, memberi nafas segar bagi para pelaku industri kreatif di Malang Raya.

Hal itu pula yang dirasakan oleh dua studio animasi di malang yakni Roleplay studio dan studio animasi  Hompimpa yang didatangi oleh wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Kamis (25/02/21) kemarin di KEK Singhasari.

Orang nomor 2 di Jatim itu mengaku sangat terkesan dengan sepak terjang dari dua studio animasi itu, apalagi mereka memiliki klien yang cukup banyak di luar Indonesia, hal itu menurut Emil bisa menjadi jangkar pengembangan film dan animasi.

Baca juga :

“Saya terkesan sekali dengan apa yang sudah mereka lakukan. Kunjungan ke dua studio animasi ini, karena mereka sudah memiliki klien internasional. Ini akan mejadi jangkar dari pengembangan pusat film dan animasi di KEK Singhasari,” ujar Emil melansir dari kanalsatu.com.

Masih menurut Emil, nantinya animasi yang ada dalam lingkaran KEK akan disinergikan dengan pusat vokasi digital dan kreatif yang dikembangkan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawangsa.Hal eITU sudah terdapat dalam Perpres 80.

“Ini sudah ada di Perpres 80. Dan kemarin atas arahan Ibu Gubernur juga, kami sudah melakukan pemaparan dalam Rakor Gubernur dan Menteri Bappenas, mengenai prioritas program 2022. Kami berterimakasih kepada KEK Singhasari yang sudah menyampaikan itikad baiknya untuk memberikan kontribusi lahan untuk pembangunan pusat vokasi tersebut,” ungkap Wagub Emil.

Dalam diskusi yang dilakukan Wagub Emil dengan para kreator animasi di Malang, juga membahas gagasan sebuah area magang bagi kreator animasi yang terintegrasi dengan industri.

Baca juga:

“Malang ini adalah episentrum talenta digital dan kreatif. Dengan adanya KEK, kita membangun rumah sendiri bagi talenta kita,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur KEK Singhasari David Santoso mengatakan,  Hompimpa Studio Animasi dan Roleplay Studio Animasi menjadi salah satu tenant yang tergabung dalam KEK, di bidang konten.

Kehadiran mereka tentunya memberikan aura positif bagi semua kalangan khususnya pecinta animasi, apalagi jika bicara hasil karya, dua studio animasi itu sudah memiliki karya di beberapa negara seperti China, Korea, Malaysia dan beberapa negara lain.

“Sebelumnya teman-teman ini sudah kami bawa ke Dirjen Bea Cukai untuk memanfaatkan proses bea masuk. Selain itu juga sudah ke Direktur Jenderal Pajak, untuk diberikan pendampingan mengenai proses menikmati fasilitas perpajakan, dari tax insentif dan lain sebagainya,” kata David.

Dengan terintegrasi bersama dengan KEK, diharapkan kedua studio produksi anak negeri ini dapat lebih mengembangkan kreativitas. Sehingga, pengembangannya lebih terakomodir, dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal untuk industri kreatif di Jatim secara internasional.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button