Industri KreatifKuliner

3 Menu Makanan Yang Cocok Untuk Sahur, Bisa Bikin Kamu Kuat Puasa Sepanjang Hari

Indikeraf.com-Bulan April tahun 2022 ini, seluruh umat muslim Indonesia, melaksanakan ibadah puasa. Dan saat puasa, terkadang banyak orang masih bingung menentukan menu puasa apa yang cocok terutama untuk sahur.

Menu sahur yang dikonsumsi tentu akan menajdi salah satu faktor penentu kelancaran puasa. Karena jika mengkonsumsi makanan secara asal tanpa memperhatikan kandungannya, bisa saja menjadi sulit berkonsentrasi atau lemas sepanjang hari.

Pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh membuat kita tetap dapat menjalani aktifitas dan beribadah dengan lebih fokus. Nah berikut ini, ada makanan sehat yang cocok dijadikan sebagai menu sahur selama puasa ramadhan kali ini.

  1. Telur

Telur kaya akan protein, vitamin dan nutrisi sehingga membuat perut terasa kenyang, cara mengkonsumsinya pun beragam, misalanya dengan membuat telur dadar sayur lalu memadukan dengan roti panggang. Atau bisa uga dengan membuat orak arik telur dan meletakkannya di atas roti panggang yang suda dilapisi selai kacang atau almond butter.

Baca juga:

  1. Oatmeal
photo:orami.co.id

Setelah telur, satu menu lagi yang tak kalah baiknya yakni oatmeal. Makanan yang kaya protein dan karbohidrat ini tak hanya menyehatkan namun juga memberikan banyak energi. Saat sahur, kita bsia membuat oatmeal menjadi smoothie sehat dengan tambahan pisang dan susu.

Kombinasi ini bakal membuat rasa oatmeal yang hambar terasa lebih sehat. Selain dengan cara itu, mengkonsumsi oatmeal bisa sebagai bubur lalu ditambahkan kacang atau selai kacang ke dalamnya. Rasanya pun tak kalah nikmat seperti kombinasi pisang dan susu.

Baca juga:

  1. Ikan
photo:bulelengkab.go.id

Menu berikutnya yakni konsumsi ikan. Khusus untuk menu ikan ini sebaiknya hindari menu ikan goreng, karena hal itu bisa membuat kita mudah mual dan haus. Proteinnya yang tinggi dapat membantu tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak dan menjaga massa otot tubuh, juga sebagai cadangan energi.

Mengonsumsi ikan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ikan  kaya akan kandungan vitamin sehingga dapat membantu tubuh menangkal virus dan memperkuat daya tahan tubuh.

Mengonsumsi ikan di waktu berbuka dan sahur dapat mengontrol rasa lapar dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena kandungan asam lemak omega 3 pada ikan bisa membantu tubuh dalam mengontrol rasa lapar dan mencegah rasa lapar berlebih.

Related Articles