Industri KreatifPelaku Kreatif

Dari Suka Memelihara Hewan, Pria Di Malang Hasilkan Cuan Dari Landak Mini

Indiekraf.com-Kesukaan terhadap hewan nyatanya bisa menghasilkan ‘cuan’, Hal itu seperti yang dilakukan oleh Pria asal Kota Malang bernama Firman Imawan yang sukses menggeluti usaha ternak Landak Mini.

Warga kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang ini menekuni budidaya Landak mini dengan memanfaatkan di salah satu ruangan yang ada di rumahnya.

Usaha budidaya Landak mini ini ia awali pada 2018 silam, saat itu Firman hanya mengawali dengan 2 pasang Landak mini. Dan seiring berjalannya waktu, Landak mini yang ia pelihara semakin bertambah banyak.

“Kebetulan saat itu saya baru pindah ke Malang. Setelah memiliki sepasang, saya kemudian bergabung dengan komunitas. Dari situ saya mulai banyak belajar untuk bagaimana merawat landak mini hingga kemudian punya dua pasang,” kata Firman, Selasa(19/10).

Peluang Breeding

Setelah memiliki cukup banyak Landak mini, Firman mencoba melakukan breeding pada anakan binatang dengan nama latin Erinaceinae ini. hasil dari trial and eror itulah kini landak mini miliknya sudah menghasilkan 25 Indukan dan 3 pejantan.

“Saat ini Landak mini yang saya kembangkan sudah ada 25 indukan dengan 3 pejantan,”ungkap Firman.

Firman Imawan peternak Landak Mini saat menunjukkan landak mini miliknya

Untuk proses breeding, Pria yang pernah tinggal di Bali ini hanya melakukan dua kali breeding dalam setahun, dengan jeda 3 hingga 4 bulan untuk sekali breeding. Hal itu ia lakukan agar stok tetap tersedia.

“Saya memang sengaja mengatur seperti itu, agar stok tetap tersedia saat ada peminat yang ingin membeli,” tambahnya.

Baca juga:

Penjualan

Untuk proses penjualan Landak mini, Firman mengatakan bisa dilakukan mulai usia 1,5 bulan. Lanjut Firman,  sebenarnya tidak ada batasan maksimal usia landak mini mulai kapan bisa dijual.

Selain dijual, Firman juga memberikan edukasi kepada para pelanggannya tentang bagaimana cara memperlakukan serta merawat hewan dengan tubuh berduri itu agar tidak mudah stress.

“Proses pembeliannya bisa kami antar langsung ke pembelinya, namun setelah itu saya ngobrol sebentar untuk tukar pengalaman cara merawat Landak mini, agar pembeli bisa merawat hewan itu dengan baik,” ungkap Firman.

Baca juga:

Harga Jual

Untuk harga jual Landak mini ini, menurut Firman cukup ekonomis alias cukup terjangkau yakni mulai harga Rp 180 ribu hingga Rp 250 ribu bergantung pada usia dan ukuran. Harga juga bisa berbeda jika ada anakan Landak yang masuk kategori Platinum.

“Untuk setiap bulannya, saya bisa menjual 10-15 Landak mini. Pembeli rata-rata perorangan.Pembeli yang paling jauh dari Yogyakarta Dan Madura,”pungkas Firman.

Related Articles