Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Acara KreatifKabar KreatifMbois Media

Fokus Sustainability, BINUS@Malang Gelar Workshop Enrichment untuk BINUSIAN Go Global

Business Growth with Purpose: Strategies for Long-Term Sustainable Revenue

Indiekraf.com – Mahasiswa program Enrichment Entreprneurship Track BINUS @Malang telah berhasil melewati tahap awal membangun bisnis, mulai dari pengembangan ide hingga validasi prototype di pasar. Namun, untuk menjaga pertumbuhan bisnis tersebut, para founders perlu mempersiapkan langkah selanjutnya untuk memastikan bahwa bisnis mereka tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang secara berkelanjutan.

Pada periode kali ini, Business Incubator BINUS @Malang berkolaborasi dengan STASION, sebuah komunitas Startup di Kota Malang, mengadakan workshop bagi para founders untuk memperdalam strategi bisnis mereka dengan memahami model bisnis yang sesuai serta menentukan strategi jangka panjang guna menjaga pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan. Dengan pencapaian target tersebut, maka kelompok bisnis telah mencapai Startup Readines Level (SRL) 6 pada program ini.

Febby Candra Pratama selaku Business Incubator Section Head mengajak mahasiswa untuk menyusun strategi bisnis yang berfokus pada jangka panjang, menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) yang memuat unsur desirability, feasibility, dan viability. Evaluasi berkala dilakukan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan bisnis, serta mendorong inovasi yang lebih efisien melalui teknologi, penguatan jaringan, peningkatan kualitas produk, dan unsur inovasi lainnya yang dirujuk dari “Doblin – 10 types of innovation”. Strategi ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDG’s), yang menjadi acuan penting bagi pelaku bisnis saat ini. SDG’s adalah tujuan global yang ditetapkan oleh PBB untuk mencapai dunia yang lebih baik dan berkelanjutan pada tahun 2030. Mahasiswa diharapkan memahami pentingnya mengintegrasikan bisnis mereka dengan tujuan keberlanjutan, baik dari sisi sosial, lingkungan, maupun ekonomi.

Materi lainnya dibawakan oleh M. Ziaelfikar Albaba, selaku Community Lead STASION dan CEO Indiekraf Indonesia yang menyampaikan konsep “Sustainable Revenue”, yaitu strategi bisnis yang fokus pada pendapatan berkelanjutan, yang tidak hanya berfokus pada keuntungan jangka pendek, tetapi juga mempertimbangkan aspek sosial, lingkungan, dan nilai ekonomi jangka panjang.

Strategi untuk meningkatkan sustainable revenue menurut Fikar dapat diwujudkan dengan para founders memahami goals dari bisnis yang dibangun, memiliki tim dengan keahlian yang berbeda supaya dapat berkolaborasi dan menciptakan value, membangun brand yang kuat guna membangun hubungan yang erat dengan konsumen melalui pengalaman yang bermakna, meningkatkan inovasi produk dan pelayanan, memahami supply chain management yang berkelanjutan, dan investasi pengembangan sumber daya manusia.

Tak hanya fokus pada keuntungan finansial, mahasiswa juga diajak memahami pentingnya menyelaraskan visi dan misi bisnis dengan nilai-nilai keberlanjutan. Bisnis yang berkelanjutan diharapkan tidak hanya sukses dari sisi keuangan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Tips penting yang dibagikan oleh pemateri terkait strategi bisnis berkelanjutan dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Starting Small: Mulai dari skala kecil agar risiko lebih terukur dan fleksibel terhadap perubahan.
  2. Collaboration: Berkolaborasi dengan mitra bisnis dan komunitas untuk memperkuat posisi usaha.
  3. Education & Literacy: Tingkatkan literasi bisnis dan pemahaman tentang pasar.
  4. Innovation: Selalu berinovasi untuk menciptakan produk dan layanan yang relevan.
  5. Precise Measurement: Gunakan data yang akurat untuk mengukur pertumbuhan bisnis.

BINUS @Malang terus berkomitmen memberikan program-program yang bukan hanya teori bisnis, tetapi juga pengalaman nyata bagi mahasiswa dalam mengelola bisnis yang efektif. Workshop ini merupakan bagian dari upaya pembekalan bagi mahasiswa Certified Entrepreneurship Program melalui sharing session pengalaman praktis dari Founders Startup dalam menghadapi tantangan persaingan bisnis yang sangat ketat. Binusian sebagai agen perubahan dan bagian penting dari Indonesia Emas 2045 diharapkan mampu menciptakan bisnis yang kuat, inovatif, dan berkelanjutan di masa depan.

Baca juga:

Experience Indonesia: Cara KBRI London ‘Pamerkan’ Tanah Air
Akselerasi Transformasi Digital Melalui Kolaborasi Indigo dan Kemendag RI
Inovatif! Kecamatan Klojen Gelar Lomba Konten Video Promo Untuk UMKM
Bank Indonesia Malang Hadirkan Capacity Building untuk Dukung UMKM Transformasi Digital
Jagoan Digital Banyuwangi Lahirkan Calon Founder Startup Masa Depan

 

Show More

Related Articles

Back to top button